Goa Jomblang Gunungkidul, Pesona Cahaya Surga hingga Hutan Purba – tylerbennicke.com

Daerah di Indonesia memiliki keunikan dan berbagai macam pesona tersendiri, salah satunya yaitu Gua Jomblang yang ada di Gunung Kidul, tempat ini merupakan contoh nyata dari berbagai macam wisata yang ada di kota istimewa ini, yang akan membuat daya tarik tersendiri yang sangat luar biasa, khususnya bagi wisatawan yang sudah memiliki jiwa petualangan di alam, meskipun kita sedang membicarakan tentang Yogyakarta namun kali ini kita tidak membahas tentang Malioboro maupun keraton yang ada di Jogjakarta, namun kita akan membahas goa jomblang Gunung Kidul, di wisata ini anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pengalaman berpetualang yang memacu keras adrenalin anda.

3

Area uji adrenalin yang ada di Bogor Jomblang ini sudah banyak diakui oleh dunia internasional, karena hal ini sudah terbukti seperti adanya acara Amazing Race Amerika yang diadakan pada tahun 2011 silam, yang mana Gua Jomblang ini digunakan sebagai salah satu rute pada event tersebut. Selain itu Gua Jomblang ini juga memiliki tipe gua vertikal dengan kolam doline yang terbentuk dari proses amblasnya tanah ke dasar bumi, serta proses vegetasi dari beberapa tahun yang lampau, akibatnya perempuan itu bisa membentuk singkong atau yang biasa disebut sebagai Sumuranja menganga atau lebih populernya di bahasa Jawa adalah luang Gua Jomblang, bisa dinamai tersebut karena mulut gua ini memiliki ukuran yang besar yaitu 50 meter.

Untuk menelusuri Goa Jomblang ini diperlukan keberanian yang tinggi, serta diusahakan agar memiliki penguasaan teknik single Rope technique atau yang biasa disebut sebagai tali tunggal Jika anda ingin mengadakan kegiatan Kevin di Goa Jomblang, maka anda harus mengenakan atau memakai peralatan yang memiliki standar khusus agar keamanan melakukan Kevin di gua ini tetap terjaga keamananya, dengan ketinggian yang dimiliki Goa Jomblang Gunungkidul ini berbagai macam mulai dari ketinggian 40 meter sampai mencapai 80 meter dari bibir ke dasar gua.

2

Jika anda merupakan pemula di Gunung ini, maka dianjurkan agar memulainya di bagian yang sudah terlebih dahulu biasanya orang menyebut lintasan yaitu lintasan yang paling pendek, Karena lintasan ini memiliki panjang 15 m, kemudian merupakan sebuah slope yang bisa dilalui dengan menggunakan jalan kaki saja, namun di lintasan yang berikutnya anda perlu menggunakan tali untuk menjajaki media gua tersebut saat Anda menggantung di tali yang kurang lebih 20 meter. Maka anda akan merasa was-was namun rasa was-was itu akan hilang, jika anda telah memijat tanah di gua tersebut.

Apabila anda ingin melakukan pendakian, maka sebaiknya anda mengajak rombongan kurang dari 25, karena panitia yang ada di gua ini membatasi jumlah rombongan yang masuk itu sekitar 25 orang, jika anda ingin menikmati pengalaman Kevin di Gua Jomblang ini, maka anda bisa mengambil paket yang sudah disediakan oleh sejumlah kelompok penikmat Kevin yang ada disana, biasanya biaya yang anda keluarkan sebesar Rp450.000 selama berpetualang di Gua Jomblang. Selain itu biaya ini juga termasuk biaya untuk antar jemput dari Wanasari ke Semanu atau lokasi Goa, jumlah biaya tersebut juga digunakan sebagai biaya untuk makan siang dan juga minuman, serta sebagai biaya sewa peralatan masuk gua. Untuk itu bila mengunjungi Goa harus memiliki uang yang cukup dan juga kesehatan yang baik, jika anda ke Jogjakarta Jangan hanya pergi ke Malioboro maupun Keraton, akan tetapi nikmatilah wisata alam lain yang ada di Jogjakarta tersebut, seperti Gua Jomblang ini. Buat kalian yang ingin mencari tiket pesawat murah bisa coba beli di www.airpaz.com. Terakhir kali , saya liburan beli di sana harga tiketnya murah. 😀

1

Demikian artikel ini tentang destinasi wisata ini,  yang bisa kami buat untuk mengisi liburan anda. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan komentar