Berwisata Sambil Meneliti Di Taman Nasional Way Kambas – tylerbennicke.com

Berkunjung ke Lampung Timur tepatnya Kecamatan Labuhan Ratu di Sumatera mengingatkan kita langsung dengan satu tempat wisata bernama Way Kambas. Taman Nasional Way Kambas adalah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain bisa berwisata dengan pemandangan yang berbeda, di tempat ini juga kita bisa berkenalan dengan berbagai binatang yang sebagian besar menjadi binatang khas Lampung yang dilindungi. Sayang binatang-binatang yang dilindungi di Taman Nasional Way Kambas tersebut semakin berjalannya waktru jumlahnya semakin berkurang.

Way Kambas 1

Sejarah Taman Nasional Way Kambas

Sejarah Taman Nasional Way Kambas sendiri menjelaskan bahwa tempat ini sudah berdiri sejak tahun 1985 di mana dulunya disebut sebagai Pusat Lindung Gajah yang kini berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah. Tidak hanya hewan gajah tetapi tempat ini juga menjadi tempat konservasi hewan langka lainnya yaitu Badak di mana lembaganya diberi nama International Rhino Foundation atau lembaga badak internasional yang bertugas melindungi dan merawat badak-badak yang berada di Indonesia khususnya di Sumatera. Selain Gajah Sumatera dan Badak Sumatera, Way Kambas juga melindungi dan merawat Harimau Sumatera, Mentok, Buaya, serta burung-burung. Karena manfaat Taman Nasional Way Kambas yang sangat besar ini membuat banyak peneliti hewan dari seluruh dunia sering mengunjungi tempat ini untuk meneliti.

Meski sebagai tempat perlindungan dan perawatan hewan, Anda bisa bermain dengan beberapa hewan tersebut dan menikmati pemandangan taman yang seperti hutan tertata rapi. Taman ini menjadi taman nasional tertua yang dimiliki Indonesia sehingga keberadaannya selalu menarik untuk didatangi. Anda bisa mengambil foto bersama gajah-gajah yang telah dirawat dan dilatih di mana mulai jam tujuh pagi mulai dilepas bebas di sekitar taman. Tidak perlu takut karena gajah-gajah tersebut dipastikan jinak dan tidak akan melukai pengunjung. Namun bila Anda datangsebelum jam tujuh pagi, Anda bisa ikut melihat gajah-gajah tersebut dimandikan di sungai bahkan ikut memandikan mereka. Pengalaman yang tentunya tidak akan terlupakan.

Way Kambas 2

Taman Nasional Way Kambas memiliki deretan jadwal dalam membuat pertunjukan gajah. Jadi pastikan bila Anda berkunjung, mereka mengadakan jadwal pertunjukan pada hari tersebut. Anda akan sangat berkesan ketika melihat berbagai atraksi menarik yang ditunjukan oleh gajah-gajah. Anda juga akan terkesima ketika melihat bagaimana gajah-gajah tersebut bermain bola layaknya manusia. Gajah-gajah tersebut juga bisa menari di balik suara musik yang diputar oleh para pelatih.

Way Kambas 3

Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh jarak kurang lebih 110 KM dengan waktu tempuh sekitar dua jam dari Bandar Lampung. Bagaimana? Anda tertarik berwisata ke Taman Nasional Way Kambas di Lampung? Persiapkan biaya khusus untuk perizinan melihat hewan-hewan yang ada dan jangan lupa jagalah kebersihan karena tempat tersebut menjadi bagian penting dalam perlindungan terhadap hewan yang hampir punah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s