Keindahan Danau Maninjau Yang Menyimpan Sebuah Misteri – tylerbennicke.com

Danau Maninjau adalah danau yang terletak di kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat. Danau Maninjau Sumatera Barat berada pada ketinggian 461.50 mdpl diatas permukaan laut. Danau yang ada di Pulau Sumatera tersebut merupakan danau yang keren nan cantik mempesona. Kecantikan dan keindahannya yang sungguh luar biasa menjadikan danau tersebut sebagai salah satu objek wisata alam di Sumatera. Danau bervulkanik ini memberikan udara yang begitu sejuk dan segar sehingga dapat menyegarkan fikiran setiap orang yang menghirup udaranya. Kesegaran udaranya tercipta oleh gunung dan area persawahan yang mengitarinya. Keindahan danau maninjau sungguh tak bisa tersaingi dengan danau lainnya.

Adapun beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di danau maninjau yaitu memancing dan menjelajahi danau dengan menggunakan perahu. Nah, bagi anda yang tinggal di Sumatera Barat wajib berkunjung ke tempat tersebut terutama bagi anda yang hobi memancing karena di danau tersebut ada banyak ikan yang bisa dibawa pulang. Danau yang dinamakan Maninjau tersebut menyimpan sebuah misteri yang disebut dengan misteri danau maninjau.

Orang-orang yang tinggal sebagai Penduduk sumatera khususnya sumatera barat tentu sudah mengetahui legenda tentang asal mula danau maninjau. Dimana pada zaman dahulu kala terdapat sebuah gunung tinggi di Sumatera barat yang disebut dengan gunung tinjau. Di kaki gunung Tinjau ada perkampungan dengan tanah yang subur sehingga penduduk kampung bermata pencarian petani dan kehidupan mereka menjadi makmur oleh hasil panen yang melimpah ruah. Nah, didalam perkampungan tersebut hiduplah sepuluh bersaudara terdiri dari Sembilan orang laki-laki dan satu orang perempuan. Mereka bernama kukuban, kudun, bayua, malintang, balok, baying, galapuang, batang, kaciak dan seorang perempuan bernama siti rasani. Setelah orang tua mereka meninggal maka seorang laki-laki bernama Kukuban menjadi kepala keluarganya. Mereka hidup bertetangga dengan keluarga datuk limbatang yang mempunyai anak laki-laki bernama Giran. Ketika datuk limbatang melakukan kunjungan ke rumah sepuluh bersaudara tersebut, diajaklah Giran dan disanalah terjadi pertemuan Giran dengan Siti rasani dan timbullah rasa cinta diantara keduanya. Hubungan keduanya pun disetujui oleh keluarga keduanya. Sebagai wujud rasa syukur atas melimpahnya hasil panen, masyarakat setempat mengadakan perlombaan pencak silat. Singkat cerita, semua lawan dapat dikalahkan oleh Kukuban kecuali Giran dan Giran dinyatakan sebagai pemenang dalam lomba tersebut. Kukuban tidak dapat menerima kekalahannya sehingga sebagai balas dendamnya kukuban tidak setuju dengan lamaran giran kepada siti rasani. Tentu saja giran dan rasani sangat kecewa dan sedih atas tindakan Kukuban. Secara diam-diam giran dan rasani melakukan pertemuan dan pada saat itu giran mengusap paha rasani yang terluka, melihat keadaan demikian tanpa mendengarkan penjelasan keduanya kukuban dan lainnya langsung menyeret keduanya untuk diadili dan perbuatan keduanya merupakan kesalahan besar dalam hukum adatnya. Sebagai hukumannya, Giran dan rasani dilempar ke kawah gunung tinjau dan Rasani mengutuk saudaranya menjadi ikan jika ia memang tak bersalah. Setelah itu meletuslah gunung dan lahar panas mengalir menghancurkan desa di kaki gunung dan kuban beserta saudaranya berubah menjadi ikan. Itulah cerita danau maninjau yang hingga saat ini masih dijadikan sebagai dongeng sebelum tidur bagi anak-anak.

Sama halnya dengan tempat-tempat wisata lainnya, Danau maninjau sebagai objek wisata juga menyediakan beberapa tempat penginapan bagi orang-orang yang datang berkunjung. Adapun penginapan di danau maninjau berupa hotel maninjau indah di jalan telaga biru No. 1, Maninjau, Tj. Raya Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ananda Penginapan di Jl. Pasir Panjang No.78 Maninjau, Sumatera Barat. Bundo Penginapan di Desa Muara Pisang, Maninjau Sumatera Barat. Palanta Penginapan di Jl. Pasir Pajang N. 6 Maninjau dan masih banyak lagi penginapan lainnya yang berjarak tidak jauh dengan letak danau maninjau. Nah, agar tidak nyasar menuju lokasi danau, maka dibutuhkan sebuah peta danau maninjau. Peta tersebut nantinya akan membantu anda dalam mencari dan menemukan lokasi tujuan.

Description: Danau Maninjau tak hanya dikenal sebagai danau yang menyimpan misteri, akan tetapi danau tersebut juga memiliki keindahan panorama yang tak tertandingi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s